Cute Finding Nemo

Senin, 03 November 2014

PENGERTIAN DAN APLIKASI MULTIMEDIA



PENGERTIAN DAN APLIKASI MULTIMEDIA
Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah Pengetahuan Komputer

Dosen Pengampu:
 Drs. Dindin Sobiruddin,M.Kom.

Disusun oleh:
Noni Wahyu Lestari (11140182000022)








Kependidikan Islam-Manajemen Pendidikan
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Tahun Akademik 2014-2015


DAFTAR ISI

DAFTAR ISI....................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang.................................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah............................................................................................... 2
1.3  Tujuan................................................................................................................. 3
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Multimedia......................................................................................... 4
2.2  Aplikasi Multimedia............................................................................................ 5
BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan.......................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 7









KATA PENGANTAR


Saya ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan berkat-Nya,sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Tujuan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pengetahuan Komputer”.
Saya menyadari bahwa penyusunan tugas ini jauh dari sempurna,maka dari itu saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan dikemudian hari. Semoga makalah ini bermanfaat sebagai referensi untuk menambah pengetahuan. Aamiin.






Jakarta,22 September 2014


Pemakalah




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronik,teknik komputer dan perangkat lunak. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur-unsur gambar,suara,animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan,diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang inovatif  antara komputer dengan user.
Multimedia adalah penggunaan dan penggabungan teks,suara,gambar,animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,multimedia juga diadopsi dari dunia games. Multimedia juga dimanfaatkan didalam dunia pendidikan dan bisnis. Didunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran,baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Didunia bisnis multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,profil produk,bahkan sebagai media informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

1.2  Rumusan Masalah

A.    Apa pengertian dari multimedia?
B.     Apa saja aplikasi multimedia?

1.3  Tujuan
Untuk memahami dan mengetahui pengertian dan aplikasi multimedia



BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Multimedia

            Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.[1]
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
·         Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
·         McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
·         Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
·          Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
·         Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
·         Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia
1.      Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar.
2.      Harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
3.      Harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4.      Multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide.

Setiap komponen mempunyai keterkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, jika salah satu komponen tidak ada, maka itu tidak bisa disebut dengan multimedia.
Multimedia juga dapat didefinisikan menjadi 2 katagori yaitu multimedia content production dan multimedia communication.
1.      Multimedia content production bisa dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks,audio,grafik,video,animasi) dengan cara yang baru untu tujuan komunikasi.
2.      Multimedia communication adalah penggunaan media (massa) seperti televisi,radio,media cetak dan internet untuk mempublikasikan materi periklanan,entertaiment,pendidikan,dll.
Dengan penggunaan multimedia penyampaian informasi akan lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasi penelitian yang dikeluarkan oleh computer technology research bahwa seseorang hanya mendapatkan 20% dari apa yang dia lihat, 30% dari yang ia dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% sampai 80% dari apa yang mereka dengar dan lihat.

2.2Aplikasi Multimedia
Multimedia dapat diaplikasikan diberbagai bidang,berikut adalah penjelasan dari aplikasi multimedia diberbagai bidang:
·         Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Dalam bidang Sumber Daya Manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik.Dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT) dan Internet Based Training (IBT)(contoh : Perusahaan AT&T)
·         Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
a.       Keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
b.      SmartMoney.com (Keuangan Personal : Pengelolaan keuangan pendidikan anak, manajemen hutang, perawatan kesehatan, perencanaan rumah, asuransi, pajak, investasi pernikahan, dan perceraian, sampai masalah perencanaan pensiunan, dll.)
c.       Citi.com (Perbankan : Situs Web Multimedia terbaik versi Yahoo)
·         Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Aplikasi dalam SIA, misalnya laporan akuntansi yang ditampilkan meliputi komentar audio, penjelsan dan saran.Istilah documendia dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
·         Aplikasi Otomatiasi Kantor
a.       Workgroup Computing, memungkinkan beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada saat yang sama pula. (Para peserta dapat terus berdiskusi sambil melihat tampilan bersama yang mungkin meliputi rangkaian media lengkap, fotografi dan video bergerak).
b.      Desktop Video Conferencing, memungkinkan para peserta melakukan konferensi video sambil duduk di meja masing – masing. (tingginya biaya transportasi dan lamanya waktu di perjalanan, aplikasi ini menjadi pilihan)
·         Aplikasi dalam Bidang Pemasaran.
Aktivitas promosi meliputi, perikalanan, promosi penjualan, public relation dan penjualan lewat internet..
·         Aplikasi Multimedia pada Bidang Travel
Travel (perjalanan) merupakan pokok bahasan multimedi yang umum karena makin banyak yang dapat kita tunjukkan pada pelanggan mengenai ke mana mereka melakukan perjalanan, seperti apa akomodasinya, dan apa saja yang bisa dilakukan setiba di tujuan, maka makin mungkin orang akan menikmati perjalanannya dan suatu ketika ingin menikamti layanan kita lagi.(Travelocity.com, Expedia.com)
·         Aplikasi Dalam Bidang Real Estate
mengunjungi properti yang ditawarkan akan memakan banyak waktu, baik bagi broker maupun bagi pembeli.Multimedia memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.(Realtor.com, ColdwellBanker.com)
·         Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Saham
Day trading ialah pemanfaatan Internet untuk memantau saham, lalu dalam waktu cepat menjual atau membelinya, tergantung dari bagaimana pasar berjalan.(smartMoney, Forbes)
·         Aplikasi Dalam Bidang Asuransi(InsWeb.com), contoh dari aplikasi multimedia pada bidang broker asuransi yang sangat baik.Menyediakan fasilitas tutorial yang sangat baik.Dapat membandingkan besarnya asuransi pada mobil, kesehatan, kepemilikan rumah, dan bentuk lainnya.
·         Aplikasi Dalam Bidang Ritel dan Mal. Riatail Elektronik, penjualan langsung( bisnis ke konsumen) lewat toko atau mal Elektronik, dalam bentuk format katalog elektronik.
·         Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Lelang
(eBay.comdanManheim.com)
·         Aplikasi Multimedia pada Bidang Kesehatan
Multimedia dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis.
·         Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan
Film, Musik, Radio Interaktif, Televisi Interaktif, Game Elektronik.




Kesimpulan
                                                                                                       
            Dari uraian penjelasan diatas dapat disimpulkan,Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.Dengan penggunaan multimedia penyampaian informasi akan lebih menarik dan akan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut.
            Dan multimedia dapat diaplikasikan diberbagai bidang yaitu:
·         Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
·         Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
·         Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
·         Aplikasi Otomatiasi Kantor
·         Aplikasi dalam Bidang Pemasaran.
·         Aplikasi Multimedia pada Bidang Travel
·         Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Saham
·         Aplikasi Dalam Bidang Real Estate
·         Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Saham
·         Aplikasi Multimedia Dalam Asuransi
·         Aplikasi Dalam Bidang Ritel dan Mal
·         Aplikasi Dalam Bidang Lelang
·         Aplikasi Dalam Bidang Kesehatan
·         Aplikasi Dalam Bidang Hiburan




DAFTAR PUSTAKA



http://www.slideshare.net/6306068/sesi-1-aplikasi-multimedia-pada-berbagai


[1] Qoqom,multim,(http://qamariyah01.blogspot.com) diakses 22sep14, 21.45.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar