PENGERTIAN
DAN APLIKASI MULTIMEDIA
Makalah
ini disusun sebagai tugas mata kuliah Pengetahuan Komputer
Dosen
Pengampu:
Drs. Dindin Sobiruddin,M.Kom.
Disusun
oleh:
Noni
Wahyu Lestari (11140182000022)
Kependidikan
Islam-Manajemen Pendidikan
Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Tahun
Akademik 2014-2015
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI....................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR...................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang.................................................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah............................................................................................... 2
1.3 Tujuan................................................................................................................. 3
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Multimedia......................................................................................... 4
2.2 Aplikasi
Multimedia............................................................................................ 5
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 6
DAFTAR
PUSTAKA....................................................................................................... 7
KATA
PENGANTAR
Saya ucapkan puji
syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan berkat-Nya,sehingga saya dapat
menyelesaikan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana.
Tujuan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pengetahuan
Komputer”.
Saya menyadari bahwa
penyusunan tugas ini jauh dari sempurna,maka dari itu saya mengharapkan saran
dan kritik yang membangun untuk perbaikan dikemudian hari. Semoga makalah ini
bermanfaat sebagai referensi untuk menambah pengetahuan. Aamiin.
Jakarta,22
September 2014
Pemakalah
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari
kemajuan teknologi elektronik,teknik komputer dan perangkat lunak. Multimedia
merupakan konsep dan teknologi dari unsur-unsur gambar,suara,animasi serta
video disatukan didalam komputer untuk disimpan,diproses dan disajikan guna
membentuk interaktif yang inovatif
antara komputer dengan user.
Multimedia adalah penggunaan dan penggabungan
teks,suara,gambar,animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi. Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,multimedia juga
diadopsi dari dunia games. Multimedia juga dimanfaatkan didalam dunia
pendidikan dan bisnis. Didunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media
pengajaran,baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Didunia bisnis
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,profil produk,bahkan
sebagai media informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
1.2 Rumusan Masalah
A. Apa
pengertian dari multimedia?
B. Apa
saja aplikasi multimedia?
1.3 Tujuan
Untuk memahami dan mengetahui
pengertian dan aplikasi multimedia
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Multimedia
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media
atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,
grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini
dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik.[1]
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
·
Rosch, 1996 : Multimedia adalah
Kombinasi dari komputer dan video
·
McComick, 1996 : Multimedia adalah
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
·
Turban dan kawan-kawan, 2002 :
Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.
Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar
·
Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
·
Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah
gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media
diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi
waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan
media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari
kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
·
Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah
beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda
melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting
multimedia
1. Harus
ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar.
2. Harus
ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
3. Harus
ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang
saling terhubung.
4. Multimedia
menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide.
Setiap komponen mempunyai keterkaitan satu sama
lain. Oleh karena itu, jika salah satu komponen tidak ada, maka itu tidak bisa
disebut dengan multimedia.
Multimedia juga dapat didefinisikan menjadi 2
katagori yaitu multimedia content production dan multimedia communication.
1. Multimedia
content production bisa dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang
berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(teks,audio,grafik,video,animasi) dengan cara yang baru untu tujuan komunikasi.
2. Multimedia
communication adalah penggunaan media (massa) seperti televisi,radio,media
cetak dan internet untuk mempublikasikan materi
periklanan,entertaiment,pendidikan,dll.
Dengan penggunaan multimedia penyampaian informasi
akan lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut.
Seperti yang disebutkan dalam laporan hasi penelitian yang dikeluarkan oleh
computer technology research bahwa seseorang hanya mendapatkan 20% dari apa
yang dia lihat, 30% dari yang ia dengar. Sedangkan melalui multimedia akan
mendapatkan 50% sampai 80% dari apa yang mereka dengar dan lihat.
2.2Aplikasi
Multimedia
Multimedia dapat diaplikasikan diberbagai
bidang,berikut adalah penjelasan dari aplikasi multimedia diberbagai bidang:
·
Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber
Daya Manusia
Dalam bidang Sumber Daya Manusia,
multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik.Dikenal dengan
istilah Computer Based Training (CBT) dan Internet Based Training (IBT)(contoh
: Perusahaan AT&T)
·
Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
a. Keuangan
personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
b. SmartMoney.com
(Keuangan Personal : Pengelolaan keuangan pendidikan anak, manajemen hutang,
perawatan kesehatan, perencanaan rumah, asuransi, pajak, investasi pernikahan,
dan perceraian, sampai masalah perencanaan pensiunan, dll.)
c. Citi.com
(Perbankan : Situs Web Multimedia terbaik versi Yahoo)
·
Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi
(SIA)
Aplikasi dalam SIA, misalnya
laporan akuntansi yang ditampilkan meliputi komentar audio, penjelsan dan
saran.Istilah documendia dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan
berbagai media.
·
Aplikasi Otomatiasi Kantor
a. Workgroup
Computing, memungkinkan beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada
saat yang sama pula. (Para peserta dapat terus berdiskusi sambil melihat
tampilan bersama yang mungkin meliputi rangkaian media lengkap, fotografi dan
video bergerak).
b. Desktop
Video Conferencing, memungkinkan para peserta melakukan konferensi video sambil
duduk di meja masing – masing. (tingginya biaya transportasi dan lamanya waktu
di perjalanan, aplikasi ini menjadi pilihan)
·
Aplikasi dalam Bidang Pemasaran.
Aktivitas promosi meliputi,
perikalanan, promosi penjualan, public relation dan penjualan lewat internet..
·
Aplikasi Multimedia pada Bidang Travel
Travel (perjalanan) merupakan pokok
bahasan multimedi yang umum karena makin banyak yang dapat kita tunjukkan pada
pelanggan mengenai ke mana mereka melakukan perjalanan, seperti apa akomodasinya,
dan apa saja yang bisa dilakukan setiba di tujuan, maka makin mungkin orang
akan menikmati perjalanannya dan suatu ketika ingin menikamti layanan kita
lagi.(Travelocity.com, Expedia.com)
·
Aplikasi Dalam Bidang Real Estate
mengunjungi
properti yang ditawarkan akan memakan banyak waktu, baik bagi broker maupun
bagi pembeli.Multimedia memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat
dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat
peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.(Realtor.com,
ColdwellBanker.com)
·
Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Saham
Day trading ialah pemanfaatan
Internet untuk memantau saham, lalu dalam waktu cepat menjual atau membelinya,
tergantung dari bagaimana pasar berjalan.(smartMoney, Forbes)
·
Aplikasi Dalam Bidang Asuransi(InsWeb.com),
contoh dari aplikasi multimedia pada bidang broker asuransi yang sangat
baik.Menyediakan fasilitas tutorial yang sangat baik.Dapat membandingkan
besarnya asuransi pada mobil, kesehatan, kepemilikan rumah, dan bentuk lainnya.
·
Aplikasi Dalam Bidang Ritel dan Mal. Riatail Elektronik, penjualan
langsung( bisnis ke konsumen) lewat toko atau mal Elektronik, dalam bentuk
format katalog elektronik.
·
Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Lelang
(eBay.comdanManheim.com)
·
Aplikasi Multimedia pada Bidang
Kesehatan
Multimedia dapat mendukung
pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan, kantor pendidikan
medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis.
·
Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan
Film, Musik, Radio Interaktif,
Televisi Interaktif, Game Elektronik.
Kesimpulan
Dari
uraian penjelasan diatas dapat disimpulkan,Multimedia adalah pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak
(video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai
melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.Dengan penggunaan
multimedia penyampaian informasi akan lebih menarik dan akan mempermudah
pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut.
Dan multimedia dapat
diaplikasikan diberbagai bidang yaitu:
·
Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber
Daya Manusia
·
Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
·
Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi
(SIA)
·
Aplikasi Otomatiasi Kantor
·
Aplikasi dalam Bidang Pemasaran.
·
Aplikasi Multimedia pada Bidang Travel
·
Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Saham
·
Aplikasi Dalam Bidang Real Estate
·
Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Saham
·
Aplikasi Multimedia Dalam Asuransi
·
Aplikasi Dalam Bidang Ritel dan Mal
·
Aplikasi Dalam Bidang Lelang
·
Aplikasi Dalam Bidang Kesehatan
DAFTAR PUSTAKA
http://www.slideshare.net/6306068/sesi-1-aplikasi-multimedia-pada-berbagai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar